Minggu, 15 Mei 2011

Wine

Anggur, biasa di sebut wine di dalam bahasa inggris. Minuman beralkohol yang dibuat dari sari anggur jenis Vitis vinifera yang biasanya hanya tumbuh di area 30 hingga 50 derajat lintang utara dan selatan. Minuman beralkohol yang dibuat dari sari buah lain yang kadar alkoholnya berkisar di antara 8% hingga 15% biasanya disebut sebagai wine buah (fruit wine)

Ada beberapa jenis minuman anggur yaitu, Red Wine, White Wine, Rose Wine, Sparkling Wine, Sweet Wine, dan Fortified Wine:

  1. Red Wine adalah wine yang dibuat dari anggur merah (red grapes). Beberapa jenis anggur merah yang terkenal di kalangan peminum wine di Indonesia adalah merlot, cabernet sauvignon, syrah/shiraz, dan pinot noir.
  2. White Wine adalah wine yang dibuat dari anggur putih (white grape). Beberapa jenis anggur hijau yang terkenal di kalangan peminum wine di Indonesia adalah chardonnay, sauvignon blanc, semillon, riesling, dan chenin blanc.
  3. Rose Wine adalah wine yang berwarna merah muda atau merah jambu yang dibuat dari anggur merah namun dengan proses ekstraksi warna yang lebih singkat dibandingkan dengan proses pembuatan Red Wine. Di daerah Champagne, kata Rose Wine mengacu pada campuran antara White Wine dan Red Wine.
  4. Sparkling Wine adalah wine yang mengandung cukup banyak gelembung karbon dioksida di dalamnya. Sparkling Wine yang paling terkenal adalah Champagne dari Prancis. Hanya Sparkling Wine yang dibuat dari anggur yang tumbuh di desa Champagne dan diproduksi di desa Champagne yang boleh disebut dan diberi label Champagne.
  5. Sweet Wine adalah wine yang masih banyak mengandung gula sisa hasil fermentasi (residual sugar) sehingga membuat rasanya menjadi manis.
  6. Fortified Wine adalah wine yang mengandung alkohol lebih tinggi dibandingkan dengan wine biasa (antara 15% hingga 20.5%). Kadar alkohol yang tinggi ini adalah hasil dari penambahan spirit pada proses pembuatannya
Satu-satunya wine buatan Indonesia yang dibuat dari anggur lokal adalah Hatten Wines dengan merk dagang TWOislands.

Menambahkan bukti yang sudah ada selama ini, bahwa wanita yang mengkonsumsi minuman anggur dalam jumlah yang sedikit dapat membawa kebaikan bagi jantung. Kini dikatakan oleh para ilmuwan Spanyol bahwa hal itu juga dapat membantu mengurangi inflamasi dalam pembuluh darah. Inflamasi adalah bagian dari reaksi tubuh terhadap kondisi cedera. Para peneliti dari Spanyol menemukan, setelah selama empat pekan meminum dua gelas kecil anggur setiap harinya, maka para wanita tersebut menunjukkan tingkat inflamasi yang rendah dalam darah mereka. Sejumlah penelitian ditemukan bahwa para peminum minuman anggur cenderung untuk memiliki angka rata-rata rendah untuk terkena penyakit jantung dibandingkan dengan yang tidak. Para peneliti Spanyol itu juga meyakini hal itu dapat menyebabkan tingkat kolesterol baik HDL mungkin Diperkirakan inflamasi tingkat rendah dalam tubuh merespons keadaan stres seperti misalnya merokok, tingkat kolesterol yang tinggi dan obesitas yang memberikan kontribusi bagi penimbunan lemak yang disebut plak dalam dinding bagian dalam arteri.

Ada beberapa anggur yang dijual dengan harga yang selangit juga loh:

  1. Anggur yang paling mahal yang pernah dijual Chateau Lafite 1787. anggur ini dibeli oleh Thomas Jefferson di Perancis. anggur ini dijual di London seharga $ 160.000. Nama Lafite berasal dari istilah Gascon ‘la menggigit’ yang berarti bukit kecil.
  2. anggur Chateau’s prosedur pembuatan cenderung dengan yang terbesar dari perawatan dan presisi. Pekerja memperpanjang tradisi melelahkan kerja. Rahasia besar d’Yquem adalah bahwa anggur pertama belajar hati-hati pada saat yang tepat, terutama ketika kadar gula mereka yang terbaik untuk menghasilkan anggur.
  3. Yerobeam Chateau Mouton-Rothschild mengambil harga tertinggi kedua yang pernah. anggur itu dianggap sebagai salah satu di antara yang sangat mengagumi Vintages abad ke-20. Itu dijual untuk $ kekalahan 114.614 di Christie’s London pada tahun 1997.
  4. The anggur Massandra terletak empat kilometer jauhnya dari Yalta di Krimea dianggap sebagai yang paling dibedakan dalam Tsar Rusia. Reservoir dari ruang bawah tanah diisi dengan lebih dari satu juta botol anggur Rusia dan Eropa Barat yang beruang segel Imperial. Massandra Sherry adalah yang tertua dari mereka. Sebuah botol anggur tunggal ini telah mengambil sejumlah cabul sebesar $ 43.500 dari penjualannya di Sotheby’s London pada tahun 2001.
  5. Ini juga merupakan salah satu dari anggur mahal. Itu dijual di $ 25 juta. Harga botol Conti Romanee sering 2 atau 3 kali lebih tinggi dari Petrus Romanee Conti adalah salah satu anggur merah terbaik di dunia.
  6. Ini adalah salah satu anggur yang paling mahal di dunia dengan tag harga $ 23.929 per botol. Tujuh botol Le Montrachet DRC 1978 dijual di Sotheby’s New York pada tahun 2001 sebesar $ 23.929 per botol.
  7. Ini adalah ketujuh anggur paling mahal. Hal ini hampir seperti Conti Romanee tetapi ada beberapa perbedaan harga dan periode waktu pelestarian. itu dijual lebih maka $ 25 juta.
  8. Screaming Eagle Winery dan Vineyards adalah anggur California real menghasilkan jumlah terbatas varietas anggur karena jumlah kecil diproduksi dan harga tinggi diperintahkan anggur kultus, anggur mereka dipertimbangkan. anggur ini terletak di Oakville dan California.
  9. Anggur Perancis ultra-eksklusif adalah campuran dari tiga jenis anggur, dan itu membuat perusahaan yang baik di restoran. Selain Margaux, Melting Pot menawarkan sebuah koleksi 2.000 anggur.
    Chateau Margaux tahun 1982 dibuka di Melting Pot, Hoboken, Kamis, 15 Mei 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar